Pengaruh Keahlian, Kejujuran, dan Kemenarikan Celebrity Endorser terhadap Niat Beli PROMAG
Daftar Isi:
- Salah satu strategi kreatif dalam mendesain iklan agar lebih menarik perhatian konsumen adalah dengan menggunakan celebrity endorser. Perusahaan berharap agar konsumen mencari informasi tersebut sehingga dapat menciptakan niat beli. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh keahlian, kejujuran, dan kemenarikan celebrity endorser (Dedy Mizwar) terhadap niat beli pada iklan obat Promag yang dilakukan di sekitar lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan metode non probability dengan menyebarkan kuesioner kepada 160 responden dimana responden merupakan Mahasiswa Ekonomi di Universitas Kristen Maranatha yang telah melihat iklan Promag Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan metode regresi sederhana dan data kemudian dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 20.0. Pengaruh dari masing–masing variabel adalah keahlian mempengaruhi niat beli sebesar 30,5%, kejujuran mempengaruhi niat beli sebesar 13.2% dan variabel kemenarikan mempunyai pengaruh terbesar yaitu sebesar 30,5%. Peneliti mengajukan beberapa saran pada perusahaan antara lain Promag harus terus melakukan inovasi agar produknya tetap menjadi pemimpin pasar di Indonesia dan lebih sering memutar iklan diluar Bulan Ramadhan untuk menarik lebih banyak konsumen.