Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Ibu Anak Limijati
Daftar Isi:
- Kota Bandung merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia, dengan jumlah populasi penduduk yang terus meningkat dari tahun ke tahun, maka hal tersebut memacu pula laju peningkatan angka kelahiran. Dengan peningkatan angka kelahiran, maka mendorong pertumbuhan dan perkembangan jasa Rumah Sakit Khusus Bersalin Ibu dan Anak baik swasta sampai milik pemerintah. Melihat perkembangan Rumah Sakit Khusus Bersalin di Bandung saat ini maka Rumah Sakit Ibu dan Anak Limijati dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa kesehatannya, yang dapat memberikan kepuasan bagi para pengguna jasanya. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian sebesar apa kualitas pelayanan dapat berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Ibu Anak Limijati tersebut. Dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data melalui survey, yang dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pada responden dan pengolahan data dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas serta uji regresi berganda. Hasil penelitiannya dapat dilihat dari hasil Adjusted R Square, besar pengaruh sebesar 98,6% dan nilai hubungan kualitas layanan dengan kepuasan pasien sebesar 99,3%, Hipotesis penelitian dinyatakan diterima (H1) yaitu ada pengaruh antara variabel x (kualitas layanan) dan variabel y (kepuasan pasien) menghasilkan rumusan hasil penelitian: y = 0,313+0,098X1+0,015X2+1,066X3+0,947X4+0,783X5. Salah satu kesimpulannya adalah kualitas layanan mempengaruhi kepuasan pasien. Pada kualitas layanan dapat dilihat hasil Adjusted R Square sebesar 0,986 artinya bahwa kualitas layanan memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Ibu Anak Limijati sebesar 98,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dan salah satu saran, untuk penelitian selanjutnya diharapkan selain menggunakan variabel kualitas layanan dalam menguji pengaruhnya terhadap kepuasan pasien, juga ada penggunaan variabel lain misalnya Atribut Layanan dan Customer Relationship Management.