Daftar Isi:
  • Salah satu cara kreatif dalam membuat iklan melalui media televisi untuk mempromosikan suatu produk dan menarik perhatian calon konsumen adalah menggunakan Celebrity Endorser. Dengan menggunakan Celebrity Endorser diharapkan calon konsumen mencari informasi tentang produk yang dibawakan sehingga muncul minat beli untuk membeli produk tersebut. Disini penulis tertarik untuk meneliti pengaruh Celebrity Endorser (Daniel Mananta) pada iklan sepeda motor Honda Vario terhadap minat beli konsumen yang dilakukan di sekitar lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung. Celebrity Endorsers dapat dinilai dari kredibilitas attractiveness, trustworthiness, expertise. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 100 responden dimana respondennya masyarakat di sekitar Univeritas Kristen Maranatha Bandung yang pernah melihat iklan sepeda motor Honda Vario. Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda dan data kemudian dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 16.0. Pengaruh Daniel Mananta sebagai Celebrity Endorsers terhadap minat beli konsumen pada sepeda motor Honda Vario adalah 47,7%, dimana nilai tersebut cukup besar pengaruhnya terhadap minat beli konsumen pada sepeda motor Honda Vario. Sedangkan sisanya 52,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian dari ketiga variabel Celebrity Endorser, variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap minat beli konsumen pada sepeda motor Honda Vario adalah Trustworthiness dan Expertise. Penulis mengajukan saran sebaiknya perusahaan selalu melakukan inovatif terhadap iklan dari produknya dan tidak selalu menggunakan selebriti yang sama.