Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang analisis kepuasan konsumen restoran Mc Donald`s di Bandung berdasarkan dimensi kualitas pelayanan, atau yang lebih dikenal dengan dimensi Servqual (service quality). Bertujuan untuk mengetahui apakah konsumen sudah merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan pihak Restoran Mc Donald`s, berdasarkan dimensi kualitas pelayanan. Dimensi kualitas pelayanan itu sendiri terdiri dari reliability, responsiveness, empathy, assurance, dan tangible. Sampel dari penelitian ini sebanyak 100 responden, dengan kriteria pernah merasakan jasa pelayanan yang diberikan Restoran Mc Donald`s. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan adalah, semua dimensi memiliki hasil positif, rata - rata responden menyatakan puas dengan kelima dimensi tersebut. Dimensi responsiveness assurance dan tangible memiliki hasil yang sangat baik, sehingga perlu dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan. Dimensi reliability dan empathy juga mendapatkan nilai yang baik, tetapi hanya sebesar 51% dan 52.5% responden yang menyatakan puas akan kedua dimensi ini. Kedua dimensi ini perlu lebih diperhatikan lagi, perlu dilakukan peningkatan dan perbaikan, agar dapat membuat konsumen lebih merasa puas dengan kualitas jasa pelayanan yang diberikan oleh pihak Restoran Mc Donald`s.