Daftar Isi:
  • Pada bisnis global, kualitas pelayanan adalah kunci untuk meningkatkan daya saing suatu perusahaan dan merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Dalam dunia jasa salon, interaksi antara pelanggan dengan Salon Hettie terjadi secara langsung melalui layanan yang diberikan oleh karyawan. Segala hal yang Salon Hettie lakukan harus bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Salon Hettie selalu berusaha untuk mempertahankan kepuasan pelanggannya agar meraih kesuksesan dalam persaingan dan menciptakan loyalitas pelanggan, dengan cara mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan. Kualitas pelayanan penting dalam menarik, memuaskan dan mempertahankan pelanggan, oleh karena itu, kualitas pelayanan yang baik diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan Salon Hettie. Dalam penelitian ini, penulis akan membahas mengenai dimensi kualitas pelayanan yang meliputi tangibles, empathy, reliability, responsiveness, assurance. Dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 16.0 diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0.680 atau 68%, dengan kata lain, tangible, empathy, reliability, responsiveness, assurance mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 68% sedangkan sisanya 32% dipengaruhi oleh faktor lain.