Daftar Isi:
  • Indomie adalah merek mie instan oleh Indofood Sukses Makmur, perusahaan yang memproduksi mie instan terbesar di dunia, yang berlokasi di Indonesia. Dalam strategi pemasarannya, perusahaan Indofood Sukses Makmur melakukan strategi promosi dalam bentuk periklanan. Periklanan yang dilakukan adalah dengan menggunakan media elektonik yang salah satunya yaitu media iklan televisi. Strategi promosi yang ditetapkan oleh Indofood Sukses Makmur tidak hanya berhasil dalam membangun kesadaran mereknya, namun juga telah memperkuat Indomie sebagai industri mie dalam kemasan yang besar di Indonesia. Berdasarkan latar belakang serta fenomena yang ada, maka penulis mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media iklan televisi terhadap pengambilan keputusan pembelian produk Indomie pada mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung. Hasil penelitian pada 130 responden menunjukan bahwa media iklan televisi berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan pembelian produk Indomie pada mahasiswa Universitas Kristen Maranatha, dan faktor media iklan televisi memengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 0.064 (6.4%), sisanya 93.6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.