Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Penawaran Umum Perdana di Bursa Efek Indonesia
Daftar Isi:
- Underpricing adalah kondisi dimana harga saham pada waktu penawaran perdana lebih relatif lebih rendah dibandingkan harga pada pasar sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing sehingga manajer perusahaan yang akan melakukan penawaran umum saham perdana dapat mengambil keputusan sesuai dengan kemampuan perusahaannya agar dapat mendapatkan struktur modal yang optimum. Faktor-faktor tersebut adalah earning per share, return on asset, stock offering, reputasi underwriter, dan umur perusahaan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 25 didasarkan pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2011. Dua perusahaan yaitu GOLD dan BRAU memiliki data EPS yang menunjukkan perbedaan yang signifikan dari data lainnya. Secara umum EPS dari setiap perusahaan menunjukkan angka yang positif. secara rata-rata ROA memiliki angka positif, tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari data ROA perusahaan-perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan bertujuan mengetahui pengaruh dari variabel earning per share, return on asset, stock offering, reputasi underwriter, dan umur perusahaan terhadap tingkat underpricing. Hasil analisis regresi secara parsial dan secara simultan tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat underpricing.