Analisis Tingkat Brand Loyalty pada Produk Sabun Cair Lifebuoy dan Lux (Studi Kasus Konsumen di Daerah Surya Sumantri Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat brand loyalty konsumen atas sabun cair Lifebuoy dan sabun cair Lux yang meliputi switcher buyer, habitual buyer, satisfied buyer, liking of the brand, dan committed buyer atas sabun cair Lifebuoy dan sabun cair Lux. Hampir 70% pasar sabun mandi cair (toiletries) dikuasai oleh sabun cair Lifebuoy dan Lux dari tahun 2008 sampai 2011. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dalam kategori the purpose of the study. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan non-probability sampling dengan prosedur purposive sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan program SPSS 11.5 yaitu uji normalitas, uji validitas, dan uji realibilitas. Hasil penelitian atas 150 orang responden menunjukkan bahwa: Sabun cair Lifebuoy dan Lux mempunyai konsumen yang paling banyak pada tingkat satisfied buyer. Dengan prosentase statisfield buyer sebesar 55.33% untuk sabun cair Lifebuoy dan 53% untuk sabun cair Lux, sehingga dapat disimpulkan brand equity dan tingkat brand loyalty-nya kurang baik atau sedang-sedang saja. Prosentase switcher buyer, habitual buyer, satisfied buyer, liking of the brand, dan committed buyer atas sabun cair merek Lifebuoy dan Lux berturut-turut adalah 39.56%, 31.66%, 55.33%, 35,33%, 34.45% dan 38.98%, 34%, 53%, 46%, 39,33%, sehingga kedua perusahaan sabun cair ini harus mencari strategi-strategi agar dapat meningkatkan loyalitas sabun cair mereka