Pengaruh Involvement dan Values pada Purchase Intention: Perceived Product Quality dan Overall Satisfaction sebagai Variabel Mediasi
Daftar Isi:
- Purchase Intention merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan pemasar, karena purchase intention adalah bagian dari perilaku pembelian konsumen. Penelitian ini berfokus untuk menguji dan menganalisis perbedaan antara dua jenis produk, yaitu high involvement dan low involvement terhadap keinginan konsumen untuk menciptakan purchase intention. Beberapa elemen yang dapat digunakan untuk mempengaruhi purchase intention, yaitu: involvement, values, perceived product quality, dan overall satisfaction. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh involvement dan values pada purchase intention: perceived product quality dan overall satisfaction sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan responden keseluruhan perempuan yang memiliki penghasilan sendiri. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis dengan alat bantu SPSS 11.5. Berdasarkan hasil penelitian, untuk produk high involvement memberikan hasil bahwa pengaruh langsung overall satisfaction pada purchase intention memiliki kontribusi pengaruh paling besar, yaitu sebesar 0.325. Sedangkan untuk produk low involvement, pengaruh langsung overall satisfaction pada purchase intention memiliki kontribusi pengaruh paling besar, yaitu sebesar 0.564. Perbandingan hasil penelitian kedua produk, yang memiliki kontribusi pengaruh paling besar, yaitu produk low involvement, yang menguji pengaruh langsung overall satisfaction pada purchase intention memiliki kontribusi pengaruh paling besar, yaitu sebesar 0.564.