Daftar Isi:
  • Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan harus berupaya mendesain dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang mampu menciptakan, mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen terhadap jasa yang ditawarkan perusahaan. Oleh karena itu, peningkatan kepuasan pelanggan dapat menghasilkan word of mouth, memperkuat loyalitas pelanggan, menghasilkan pendapatan yang lebih besar, dan meningkatkan reputasi perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap word of mouth. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 120 responden yang pernah makan di cafĂ© Tomodachi, Bandung dengan menggunakan metode purposive sampel. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Analisis kualitatif diambil dari interpretasi data yang diperoleh di lapangan dan analisis jawaban terbuka yang diberikan oleh responden, sedangkan analisis kuantitatif meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana. Akhirnya, hasil dari penelitian ini adalah kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif baik terhadap word of mouth activity (11,6%) maupun word of mouth praise (29,6%) yang sisanya dipengaruhi oleh harga, kualitas pelayanan, rasa, lokasi, dan suasana.