Pengaruh Manajemen Laba (Earnings Management) terhadap Return Saham pada Perusahaan yang Melakukan Penawaran Umum Perdana (IPO) Tahun 2010-2011
Daftar Isi:
- Dalam menjalankan usahanya perusahaan dihadapkan pada kebutuhan dana, baik untuk keperluan modal usaha maupun untuk perluasan usahanya. Pemenuhan kebutuhan dana tersebut dapat berasal dari dalam (internal), seperti penggunaan laba ditahan atau dari luar (eksternal) perusahaan, seperti hutang dari kreditur dan melakukan penawaran perdana ke publik atau disebut Initial Public Offering (IPO). Pada saat perusahaan melakukan IPO, penilaian investor terhadap kondisi dan prospek perusahaan akan menentukan besarnya dana yang dapat diakumulasi oleh perusahaan dari pasar modal. Hal ini mendorong manajer untuk menyusun prospektus yang menarik yaitu dengan memanipulasi laba yang dilaporkan atau dikenal dengan istilah manajemen laba (earning management). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh earnings management terhadap return saham pada perusahaan yang melakukan IPO tahun 2010 - 2011. Sampel yang digunakan adalah perusahaan yang melakukan IPO dan praktek earnings management yang diindikasikan dengan nilai discretionary accrual positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig sebesar 0,290 lebih besar dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu sebesar 5% artinya tidak terdapat pengaruh earnings management terhadap return saham pada perusahaan yang melakukan IPO.