Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda: Studi pada Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung
Daftar Isi:
- Alat transportasi sangat penting bagi masyarakat karena memberi kemudahan dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Alat transportasi juga digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah sepeda motor yang menjadi industri automotif terbesar di Indonesia. Salah satu produk sepeda motor yang sudah dikenal masyarakat sejak dulu adalah sepeda motor Honda. Honda selalu menciptakan inovasi-inovasi baru yang disesuaikan dengan perkembangan jaman agar dapat selalu memenuhi kebutuhan konsumen. Produk yang ditawarkan oleh perusahaan dapat menjadi salah satu pembentukan motivasi, persepsi dan sikap konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis motivasi, persepsi dan sikap terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Bandung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kuantitatif – causal explanatory. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menyebarkan kuisioner dengan menggunakan metode non-probability sampling, yaitu metode purposive sampling. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda secara keseluruhan sebesar 4,6%, pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda secara keseluruhan sebesar 4,3%, serta pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda secara keseluruhan sebesar 2,6% yang diuji menggunakan analisis regresi sederhana. Penelitian ini dilakukan dengan SPSS versi 17.0.