Daftar Isi:
  • Yogya Group merupakan salah satu tempat berbelanja bagi para konsumen. Yogya group terdiri dari Supermarket, Minimarket, Hypermarket, Specialty store/ convenience store, dan Department Store. Di Indonesia Yogya Group sudah ada di 10 kota antara lain: Bandung, Sumedang, Jatibarang, Cirebon, Bogor, Subang, Majalengka, Tasik, Kuningan. Yogya Group merupakan bisnis ritel dan yang diteliti dalam skripsi ini adalah supermarketnya yaitu Yogya Griya. Banyak sekali persaingan dalam bisnis ritel berbentuk supermarket ada Borma, Carefour, Lotte Mart. Karena itu Yogya Griya harus bisa bersaing dengan pesaingan yang ketat dengan membuat pelanggan loyal dan mencari pelanggan baru. Dalam penelitan ini, peneliti hendak menjelaskan dimensi strategi Customer Relationship Management (CRM) melalui membership card yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Yogya Group, Bandung. Membership Card memiliki keunggulan yang dapat membuat pelanggan menjadi loyal, namun kendala atau kelemahannya adalah pelanggan menganggap masih kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner pada responden yang memiliki membership card Yogya Group, Bandung sebanyak 200 responden. Pengujian dan pengolahan data menggunakan SPSS v.16 dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya pengaruh membership card terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 25% dan sisanya 75% dipengaruhi oleh faktor lain.