Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green product quality, dan green coporate image pada green customer loyalty yang dimediasi oleh green customer satisfaction. Metode pengumpulan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei yaitu dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah pelanggan perusahaan elektronik Apple yang menggunakan produk Macbook Pro, dengan jumlah sampel 125 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Purposive Sampling. Pengujian terhadap hipotesis dalam penelitian ini akan dilakukan secara multivariate dengan menggunakan path analysis. Path analysis digunakan untuk mengukur antar jalur variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel green product quality, dan green corporate image, memiliki pengaruh langsung terhadap green customer satisfaction. Sedangkan green product quality tidak memiliki pengaruh langsung terhadap green customer loyalty. Namun, pengaruh langsung green product quality, dan green corporate image terhadap green customer loyalty memiliki nilai output yang lebih besar daripada pengaruh tidak langsung yang dimediasi oleh green customer satisfaction dan hasil menunjukan terdapat pengaruh langsung green customer satisfaction secara signifikan terhadap green customer loyalty. Implikasi utamanya adalah Apple Macbook Pro harus memperhatikan aspek kualitas dan nilai perusahaan yang ramah lingkungan untuk mengimbangi kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap produk ramah lingkungan.