Daftar Isi:
  • Universitas diibaratkan sebagai sebuah perusahaan, dan pada prinsipnya ketika sebuah perusahaan menjual produk atau jasanya mereka dihadapkan pada persaingan. Dewasa ini, kondisi persaingan antar perusahaan semakin lama semakin tinggi, maka dari itu setiap perusahaan menggunakan berbagai macam strategi, salah satu strateginya adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar terciptanya kepuasan. Peneliti menggunakan metode non probability sampling, dengan jumlah responden 148 mahasiswa Universitas Kristen Maranatha yang masih aktif sampai saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi tangibles, emphaty, reliability, responsiveness, assurance, dan Kepuasan Mahasiswa di Universitas Kristen Maranatha. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan validitas, reliabilitas dan regresi. Validitas dengan tolak ukur KMO 0,5, reliabilitas dengan tolak ukur cronbach‘s alpha 0,55, dan regresi dengan hasil terdepat pengaruh antara kualitas pelayanan yaitu tangible, emphaty, reliability, responsiveness, assurance,terhadap kepuasan mahasiswa.