Daftar Isi:
  • Analisis relevant cost merupakan metode yang dapat digunakan untuk menentukan harga jual pada kondisi khusus, yaitu unit produk yang terjual lebih kecil daripada kapasitas produksi normal. Analisis relevant cost, merupakan biaya yang diharapkan pada masa mendatang yang berbeda diantara berbagai alternatif yang tersedia. PT “X”, khususnya departemen produksi berkepentingan untuk menentukan biaya produksi yang seharusnya dibebankan dalam harga jual yang ditawarkan pada pelanggan dan menyusun laporan biaya produksi tahunan. Berdasarkan hal tersebut, penulis melakukan penelitian mengenai bagaimana menghitung harga jual pada kondisi khusus dengan rumus dasar Special Condition ≥ Relevant Cost. Setelah dilakukan penelitian, terdapat perbedaan cara perhitungan antara penulis dan perusahaan sehingga keputusan yang diambil dalam menentukan suatu pesanan khusus diterima atau ditolak akan ada pebedaan. Penulis mengharapkan penelitian ini dapat menjadi sebuah model dan masukan yang dapat dipergunakan pihak perusahaan atau pihak lain dalam mengaplikasikan analisis relevant cost dalam menentukan harga jual pada kondisi khusus.