Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran Waroeng Ethnic
Daftar Isi:
- Terdapat lima dimensi pelayanan yang dapat menilai suatu kualitas pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Kelimanya digunakan oleh sebuah restoran untuk pelaksanaan pemenuhan kebutuhan produk dan jasa bagi konsumen agar konsumen merasa puas terhadap kinerja restoran. Penelitian ini ditunjukkan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan konsumen di Restoran Waroeng Ethnic, serta untuk perbaikan kualitas pelayanan di masa datang. Selanjutnya, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel X terhadap variabel Y pada Restoran Waroeng Ethnic dan mengetahui dimensi mana yang paling memengaruhi kepuasan konsumen Restoran Waroeng Ethnic. Jumlah sampel yang digunakan adalah 150 orang. Sampel yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan convenience sampling. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Dari kelima dimensi yang diuji, tiga diantaranya berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, yaitu dimensi reliability, assurance, dan emphaty. Adapun dimensi yang memiliki pengaruh yang dominan adalah dimensi emphaty.