Penagruh Store Atmosphere (Instore dan Outstore) terhadap Minat Beli Konsumen pada Tomodachi Resto dan Cafe di Radjiman Bandung
Daftar Isi:
- Perkembangan jaman telah membuat berbagai macam kebutuhan muncul, salah satunya pangan dan kuliner. Usaha kuliner pun dewasa ini telah marak di Indonesia, khususnya di daerah Bandung. Orientasi usaha kuliner telah bergeser, yang pada mulanya profit oriented, kini telah berubah ke customer oriented. Orientasi tersebut dibuktikan dengan peningkatan kualitas layanan, kualitas hidangan, serta tak lupa penciptaan suasana atau store atmosphere di dalam usaha kuliner itu sendiri guna meningkatkan minat beli dari konsumen. Tomodahi Resto dan Café di jalan Dr Radjiman kota Bandung sebagai usaha kuliner yang cukup well-known, mempunyai store atmosphere yang cukup menarik selain kualitas makanan dan pelayanan yang diberikan. Melalui penelitian ini, penulis mencoba meneliti pengaruh store atmosphere yang dibagi ke dalam 2 komponen yakni instore dan outstore terhadap minat beli di Tomodachi Radjiman sebagai objek penelitian. Penelitian diadakan di Tomodachi Radjiman sendiri dengan metode survey dan responden diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh store atmosphere keseluruhan sebesar 18.4 % terhadap minat beli yang diuji menggunakan analisis regresi sederhana. Pengujian dilakukan dengan SPSS versi 16.0.