Pengaruh Kepercayaan pada Komitmen terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada Provider PT Telekomunikasi Selular Tbk (Telkomsel)
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia telekomunikasi selular yang makin berkembang pesat ditandai dengan bermunculannya operator selular yang saling bersaing. Dan operator selular berlombalomba untuk memuaskan para pelanggan agar menjadi pelanggan yang loyal bagi perusahaannya. Di Indonesia PT. Telekomunikasi Selular Tbk (Telkomsel) merupakan salah satau operator selular terbesar di Indonesia. Dengan menjaga kepercayaan dan komitmen dari pelanggan Telkomsel adalah salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Sampel penelitian ini sebanyak 130 responden. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 16.00 dan pengujian data hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa dimensi kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,160 atau 16% dan sisanya sebesar 84% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan dimensi kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,8940 atau 8,94%, dan dimensi komitmen terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 0,1475 atau 14,75%.