Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit dalam Meningkatkan Pengendalian Internal Penjualan (Studi Kasus pada PD. Access Distribution, Bandung)
Daftar Isi:
- Pada era perdagangan bebas saat ini, persaingan antar perusahaan semakin ketat. Dan persaingan selalu muncul dalam dunia usaha, dimana setiap perusahaan memiliki kompetensi yang berbeda–beda antara satu dengan yang lain. Perusahaan yang memiliki kompetensi yang paling baik, akan mampu bertahan dalam dunia persaingan. Hal yang paling mendasar adalah perusahaan harus mengetahui kompetensi yang dimilikinya. Untuk itu perusahaan membutuhkan sejumlah informasi yang akan digunakan sebagai pedoman perusahaan. Informasi merupakan data yang telah tersaring, terorganisasi, terealisasi, dan saling berguna sehingga berguna untuk mencapai tujuan organisasi. Skripsi ini bertujuan untuk menghasilkan informasi mengenai Sistem Pengendalin Akuntansi Internal Penjualan Kredit pada perusahaan PD. Access Distrubution. Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan mengumpulkan data-data melalui wawancara dan observasi langsung pada objek penelitian. Data ini lengkap dan dibandingkan dengan studi kepustakaan melalui literatur-literatur dan catatan lainnya yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan di PD. Access Distribution, maka dapat diketahui bahwa perusahaan memiliki Sistem Pengendalian Internal yang kurang memadai yaitu bagian akuntansi digabungkan dengan bagian administrasi. Dokumen yang masih kurang mendukung SPI perusahaan yaitu faktur penjualan, dan jurnal retur. Dalam penelitian ini terdapat fungsi bagian gudang, penjualan kredit, pengiriman, penerimaan kas, dan bagian akuntansi serta formulir. Surat yang digunakan dalam penjualan ini menggunakan surat order penjualan, faktur penjualan, surat retur penjualan dan surat jalan. Dengan adanya Sistem Pengendalian Internal yang memadai dan didukung oleh sistem akuntansi berupa dokumen-dokumen diharapkan dapat membantu dalam 4 Tujuan SPI.