Daftar Isi:
  • Dalam tugas akhir ini saya membahas doublespeak dalam berbagai iklan sikat gigi yang diiklankan oleh Oral-B. Periklanan adalah media komunikasi yang sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk mempromosikan serta memperkenalkan produknya kepada konsumen. Seringkali perusahaan menggunakan doublespeak dalam mempromosikan produknya. Tentu saja hal ini tidak disadari oleh konsumen yang melihat serta membaca slogan atau tagline iklan produk tersebut. Saya mengambil sepuluh iklan sikat gigi Oral-B dari Internet sebagai data analisis dalam skripsi ini. Dalam analisis ini ditemukan empat jenis doublespeak dalam dunia periklanan, yaitu weasel words, unfinished words, parity claim dan up to claim. Perusahaan berusaha keras untuk menarik minat konsumen dengan iklan yang dibuat. Mereka menggunakan doublespeak untuk mempromosikan produk dengan menonjolkan keunggulan produk dan mengurangi kelemahan produk di mata konsumen. Pilihan kata yang baik dan tepat dapat mempengaruhi minat konsumen untuk membeli produk perusahaan tertentu.