Peranan Target Costing Dalam Usaha Pencapaian Target Laba Studi Kasus Pada PT. X Bandung
Daftar Isi:
- Dalam kondisi persaingan bisnis yang sangat ketat saat ini, setiap perusahaan dituntut untuk dapat memiliki keunggulan bersaing dalam hal menghasilkan produk berkualitas tinggi serta diimbangi dengan penawaran harga jual yang rendah sesuai dengan yang dapat diterima oleh pasar. Berarti setiap perusahaan dituntut melakukan pengendalian biaya produksi secara tepat.Konsep penerapan target costing didorong oleh analisa pasar dan analisa pesaing. Dengan merancang biaya yang lebih rendah pada suatu produk maka perusahaan akan mendapatkan penghematan biaya, sehingga dengan harga yang lebih murah diharapkan perusahaan dapat meraih potensi pasar yang lebih besar. Pada penelitian ini pengendalian biaya dilakukan dengan menggunakan bantuan konsep kaizen costing dengan cara meningkatkan motivasi kerja karyawan agar mengurangi kesalahan dalam proses produksi dan juga dengan memperbaiki metode perhitungan harga pokok produksi perusahaan yang kurang tepat dengan memperhitungkan total penjualan produk cacat yang laku dijual untuk digunakan dalam pengurangan biaya produksi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep target costing membantu PT. X dalam mengefisiensikan biaya produksinya sehingga laba perusahaan tetap dapat dimaksimalkan ketika menetapkan harga jual sesuai pasar.