Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui derajat self-compassion yang dimiliki oleh karyawan staff marketing PT “X” di Bandung. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan sampel pada penelitian ini berjumlah sebanyak 31 orang karyawan staff marketing. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif. Alat ukur yang digunakan merupakan alat ukur dari Kristin Neff (2003) yang terdiri dari 26 item soal dan didukung dengan persoalan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi dereajat self-compassion. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teknik mean untuk masing-masing ketiga komponen dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Berdasarkan pengolahan statistik dengan teknik mean, maka didapatkan bahwa sebagian besar karyawan staff marketing PT “X” di Bandung memiliki derajat self-kindness yang rendah, derajat common humanity yang tinggi, dan derajat mindfulness yang tinggi. Simpulan yang diperoleh yaitu dari 31 karyawan staff marketing PT “X” di Bandung sebagian besar memiliki derajat self-compassion yang rendah. Hasil penelitian juga menemukan bahwa ada keterkaitan antara status marital dan derajat self-compassion yang dimiliki oleh karyawan staff marketing PT “X” di Bandung. Peneliti mengajukan saran agar dilakukan penelitian korelasional antara derajat self-compassion dan status marital. Selain itu juga dapat dilakukan penelitian pada bidang pekerjaan lain dengan jumlah sampel yang lebih banyak.