Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah yang sangat luas dan kaya akan sumber daya alam. Namun, hal ini juga berarti bahwa Indonesia memiliki resiko bencana yang sangat besar. Indonesia berada pada jalur Ring of Fire, dimana wilayah tersebut merupakan salah satu wilayah yang paling beresiko mengalami bencana alam. Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, warga Indonesia sudah seharusnya memiliki keahlian tanggap bencana. Pendidikan tanggap bencana merupakan pendidikan yang sebaiknya dipelajari sejak usia dini. Hal ini harus dilakukan mengingat anak-anak menjadi korban paling banyak dalam keadaan bencana. Pelatihan tanggap bencana pada anak-anak harus dibuat menyenangkan, sehingga anak-anak tertarik dan tidak terkesan menyeramkan. Dalam membuat program ini ada dua rumusan masalah yang diambil, bagaimana merancang pesan komunikasi visual dan verbal yang efektif untuk menginformasikan program edukasi anak Indonesia tanggap bencana serta bagaimana merancang paket media yang sesuai untuk dipakai dalam menginformasikan program anak Indonesia tanggap bencana. Tujuan dari pembuatan program ini adalah merancang pesan komunikasi visual dan verbal yang efektif untuk program “Anak Indonesia Tanggap Bencana” serta merancang paket media yang sesuai untuk dipakai dalam menginformasikan program anak Indonesia tanggap bencana .Metode penelitian yang dipakai dalam membuat program ini adalah studi pustaka pada buku -buku yang berkaitan dengan desain, pendidikan, dan tanggap bencana, memberikan kuesioner pada anak-anak dan orang dewasa di wilayah pilot project, wawancara, serta observasi langsung pada berbagai media di wilayah pilot project. Program ini menjadi jawaban atas kebutuhan pendidikan tanggap bencana yang interaktif bagi anakanak di seluruh In donesia. Program ini menyediakan berbagai media, seperti buku ajar, permainan, panggung boneka, dll. Melalui program ini, anak-anak dapat dipersiapkan untuk selalu siaga dan tanggap menghadapi bencana.