Studi Deskriptif Mengenai Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Travel "X", Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kepuasan konsumen pada Travel “X”, Bandung, dengan menggunakan metode studi deskriptif dengan penyebaran kuesioner terhadap 54 orang konsumen Travel “X”, Bandung. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 50 item yang merupakan modifikasi dari alat ukur Service Quality yaitu, Servqual : A Multidimensional Scale to Capture Customer Perceptions and Expectation of Service Quality, oleh Valerie A. Zeithaml (2009) yang dibuat berdasarkan lima dimensi kualitas jasa, yaitu : reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), emphaty (empati), dan tangible (bukti langsung) Berdasarkan uji validitas dengan menggunakan rumus Rank Spearman dan reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach, juga pengolahan data dengan menggunakan SPSS 17.0 diperoleh 38 item yang diterima dengan validitas Expected Service sebesar 0,328 s/d 0,802 dan reliabilitas Expected Service sebesar 0,976. Pada item Perceived Service, validitas sebesar 0,320 s/d 0.689 dan reliabilitas sebesar 0,899. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa terdapat 51 orang (94,4%) konsumen yang tidak puas terhadap pelayanan Travel “X”, Bandung dan 3 orang (5,6%) konsumen yang sangat puas terhadap pelayanan Travel “X”, Bandung. Kesimpulan yang diperoleh adalah sebagian besar konsumen merasa tidak puas terhadap kualitas pelayanan Travel “X”, Bandung. Ketidakpuasan terbesar dirasakan dalam dimensi tangible dan reliability. Peneliti memberikan saran agar Travel “X”, Bandung menyediakan fasilitas yang nyaman di mobil travelnya dan melakukan pengecekan secara berkala untuk fasilitas yang digunakan, serta tetap konsisten dalam keberangkatan tepat waktu.