Studi Deskriptif Mengenai Brand Personality IPhone Pada Mahasiswa Pengguna IPhone di Beberapa Universitas Kota Bandung
Daftar Isi:
- Sejak beberapa tahun lalu ponsel telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan memiliki kemampuan layaknya seperti sebuah komputer, yang disebut sebagai smartphone. Perkembangan smartphone mencapai masa puncaknya pada tahun 2007 yaitu saat iPhone diluncurkan. Banyaknya orang yang membeli dan menggunakan iPhone membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Teori yang digunakan adalah brand personality. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dimensi brand personality yang dominan beserta faktor-faktor pembentuknya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menggunakan iPhone dan berjumlah 100 mahasiswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif. Alat ukur yang digunakan merupakan modifikasi dari alat ukur brand personality yang dikembangkan oleh Maggie Geuens, Bert Weijters, dan Kristof De Wulf (2008) dan terdiri dari 124 item. Validitas dan reliabilitas telah dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 17. Nilai koefisien validitas terentang dari 0,302-0,780, sedangkan nilai koefisien reliabilitas adalah 0,716 Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS 17. Berdasarkan hasil pengolahan data secara statistik diperoleh bahwa dimensi yang muncul adalah semua dimensi yaitu aggressiveness, emotionality, activity, responsibility dan simplicity, namun dengan derajat yang berbeda-beda. Sebagai kesimpulan diperoleh bahwa terdapat 2 dimensi yang dominan yaitu aggressiveness yang tercermin dari marketing communication, slogan, packaging, nama merek dan emotionality yang tercermin dari slogan, packaging, marketing programm dan nama merek.