Perancangan Kampanye untuk Meningkatkan Kepedulian Masyarakat akan Reptil
Daftar Isi:
- Reptil merupakan hewan vertebrata yang berdarah dingin yang mempunyai sisik disekitar bagian tubuhnya. Sebagai contoh Buaya, kura-kura, Ular, dan Kadal termasuk dalam golongan reptil. Namun saat ini keberadaan reptil kurang diminati oleh masyarakat, ini di karenakan edukasi yang kurang serta persepsi masyarakat yang masi beranggapan bahwa reptil itu berbahaya, beracun, bahkan reptil itu harus dibunuh. Padahal tidak semua reptil berbahaya. Dari keseluruhan reptil 20% yang berbahaya atau berbisa dan sisanya tidak berbahaya. Bahkan bisa memberikan manfaat yang positif sebagai binatang peliharaan. Tujuan dari perancangan ini adalah penulis ingin memperkenalkan reptil yang tidak berbahaya agar dapat menarik minat masyarakat khusunya remaja serta mengedukasikan kepada masyarakat sehingga kedepannya masyarakat bisa mulai mau memelihara reptil ataupun mempunyai pilihan dalam memilih binatang peliharaan yang menarik, mudah, dan bermanfaat serta mampu berssaing dengan binatang peliharaan lainnya. Untuk menyempurnakan semuanya penulis menggunakan kampanye sebagai cara untuk menyebarkan informasi, pengetahuan, gagasan ataupun ide kepada masyarakat. Konsep desain menggunakan illustrasi photografi dengan tone warna hangat agar terkesan reptil bisa menjadi sahabat seperti binatang peliharaan lainnya, background yang simple dan putih, bermain dalam komposisi, modern minimalis dan bahasa yang mudah di mengerti anak remaja. Penyampaian media menggunakan media poster dengan menonjolkan keunikan dan keeksotisme reptil & interaksi yang menyenangkan bersama reptil , gantungan pintu, postcard, stiker, pulpen, dan flyer. Kesimpulan yang didapatkan adalah masyarakat masi sangat kurang mengenal,mengerti dan peduli tentang reptil dan memiliki persepsi yang salah tentang reptil. Penulis berharap kampanye ini bisa dilaksanakan dan dapat mengubah persepsi masyarakat yang salah tentang reptil.