Daftar Isi:
  • Masalah lingkungan masih menjadi topik yang hangat tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Partisipasi dari anak-anak diperlukan untuk memecahkan masalah global ini. Anak-anak perlu dididik untuk peduli terhadap lingkungan mereka sejak dini. Namun, saat ini, pembelajaran mereka tentang lingkungan di sekolah hanya sebatas formalitas. Mereka tidak benar-benar memahami atau bahkan peduli terhadap lingkungan. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak media pendidikan bagi anak-anak yang dirancang untuk memotivasi anak-anak agar lebih tertarik dalam belajar. Salah satu media pendidikan tersebut adalah papan permainan. Tujuan yang diharapkan dari board game adalah sebagai media bermain bagi anak-anak untuk bisa menjadi generasi yang lebih baik dalam menjaga lingkungan di sekitar mereka sehingga kerusakan lingkungan dapat dikurangi atau setidaknya tidak akan bertambah buruk. Setelah mendalami dan meneliti latar belakang permasalahan, pengumpulan data diperoleh melalui observasi ke beberapa sekolah dasar di wilayah Bandung, wawancara berbagai sumber, penyebaran kuesioner kepada 100 responden dan peninjauan literatur yang relevan. Target dari desain board game ini adalah anak usia 6-8 tahun (laki-laki dan perempuan), terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Setelah data dikumpulkan, strategi komunikasi, strategi kreatif, dan strategi media dalam mencapai tujuan akhir dari board game ditentukan. Hasil akhirnya adalah board game untuk anak-anak yang menawarkan pengetahuan tentang pentingnya kepedulian terhadap lingkungan, bahaya kerusakan lingkungan dan cara mengatasi masalah tersebut. Sebagai saran, masyarakat harus terus mencari metode baru yang akan mengarahkan anak-anak untuk menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dan memungkinkan mereka untuk mengekspresikan keprihatinan mereka dalam praktek dalam kehidupan sehari-hari.