Perancangan Promosi Festival Komikasia Sebagai Ajang untuk Memajukan Industri Kreatif di Indonesia
Daftar Isi:
- Dewasa ini, Indonesia sudah memasuki era globalisasi industri tahap keempat, yaitu tahap perkembangan industri kreatif. Di Indonesia sendiri, industri kreatif mulai berkembang sekitar tahun 2000-an dengan ditandai oleh berbagai festival yang menyebar secara luas di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung. Namun, sayangnya, di Bandung, yang dijuluki sebagai ‘Kota Kreatif’, festival yang diadakan tidak sebanyak yang diadakan di kota Jakarta. Industri kreatif sendiri terdiri atas berbagai macam spesialisasi, salah satunya yang cukup signifikan adalah industri kreatif yang mengarah pada desain komunikasi visual, yaitu komik. KOMIKASIA adalah salah satu festival komik yang pernah diadakan di Bandung pada tahun 2003 dan 2005. Dengan diadakannya acara seperti itu, masyarakat pun menjadi tahu bahwa ternyata komik lokal banyak yang menarik dan berbobot layaknya komik luar. Selain itu masyarakat juga dapat membandingkan komik lokal dengan komik luar karena di festival KOMIKASIA ditampilkan tidak hanya komik lokal saja tetapi juga komik dari seluruh Asia. KOMIKASIA yang sudah vakuum selama 10 perlu dipromosikan kembali karena memiki peluang yang besar untuk memajukan industri kreatif di Indonesia mengenai komik. Oleh karena itu dibutuhkan perancangan promosi KOMIKASIA agar masyarakat dapat membandingkan komik lokal dengan komik Asia sehingga bisa memajukan perindustrian komik lokal di Indonesia ke depannya.