Studi Deskriptif Mengenai Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Student Centered Learning di Sekolah Menengah Pertama "X" Kota Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Studi Deskriptif Mengenai Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Student Centered Learning di SMP “X” Kota Bandung. Student Centered Learning menurut McCombs dan Whisler (1997) adalah pendekatan pembelajaran yang memadukan antara fokus siswa secara individual dengan fokus pada pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai penerapan prinsip Student Centered Learning pada siswa di SMP “X” Kota Bandung secara umum dan di setiap tingkatan kelas. Pemilihan sampel menggunakan metode kombinasi antara proportionate stratified random sampling dan insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 263 siswa. Alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner yang disusun oleh peneliti dan team berdasarkan teori Student Centered Learning dari McCombs dan Whisler (1997). Standarisasi telah dilakukan pada kuesioner ini dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah melalui proses try out dan berdasarkan uji validitas dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment diperoleh hasil validitas antara 0,302 - 0,760 dan 0,927 untuk reliabilitas yang di uji menggunakan koefisien Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS 19.0. Berdasarkan hasil akhir yang diperoleh, dapat dilihat bahwa lebih banyak (62,7%) siswa SMP “X” Bandung yang mengamati guru telah menerapkan Student Centered Learning. Dilihat dari prinsip Student Centered Learning, siswa mengamati keseluruhan prinsip telah diterapkan oleh guru, namun terdapat beberapa prinsip yang memiliki potensi untuk dapat lebih ditingkatkan penerapannya oleh guru. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian korelasi atau komparasi dengan variabel-variabel lain. Bagi guru-guru agar lebih mengupayakan tindakan konkrit yang mencerminkan prinsip Student Centered Learning di setiap tingkatan kelasnya.