Studi Deskriptif Mengenai School Engagement Pada Siswa Kelas X SMA "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui gambaran mengenai derajat School Engagement pada siswa kelas X SMA “X” Bandung. Penentuan sampel menggunakan metode nonprobality dengan teknik convenience sampling dan dalam penelitian ini berjumlah 112 orang. Alat ukur yang digunakan merupakan alat ukur yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori School Engagement dari J.A. Fredricks, P.C. Blumenfeld, & A.H. Paris (2004) yang disesuaikan dengan konteks penelitian yaitu di SMA “X” Bandung. Validitas alat ukur diuji dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment dan diperoleh validitas alat ukur berkisar dari 0.300-0.522. Reliabilitas alat ukur diuji dengan menggunakan uji reliabilitas Alpha Cronbach dan diperoleh reliabilitas sebesar 0.879. Data hasil penelitian diolah dengan menghitung distribusi frekuensi data primer melalui kuesioner. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa kelas X SMA “X” Bandung memiliki derajat school engagement yang hampir seimbang. Sebanyak 51.8% siswa memiliki school engagement yang tinggi dan 48.2% siswa memiliki school engagement yang rendah. Peneliti menyarankan untuk meneliti kontribusi faktor kontekstual dan individual needs dengan setiap komponen school engagement, selain itu mempertimbangkan penelitian dengan memperhatikan kontribusi ketiga komponen school engagement terhadap derajat school engagement.