Perancangan Artbook Pasar Malam Bandung
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan negara yang kaya dengan berbagai jenis kebudayaan. Pasar malam Bandung merupakan salah satu hiburan rakyat yang adalah bagian dari budaya Indonesia. Dalam pasar malam Bandung tersimpan keunikan dan nilai historis. Oleh sebab itu sangat disayangkan bila hiburan ini hilang begitu saja tergerus jaman tanpa ada “jejak” yang mengabadikannya. Maka dari itu, tujuan perancangan ini adalah membuat sebuah “jejak” yang dapat memperkenalkan ataupun mengingatkan kembali pasar malam Bandung kepada masyarakat. Manfaat perancangan adalah agar keberadaan pasar malam Bandung lestari dalam sebuah media formal serta menumbuhkan penghargaan dan kecintaan dari pembacanya. Metode yang digunakan ialah dengan membuat artbook, dimana terdapat 3 buah diorama yang dilengkapi dengan musik didalamnya, sebagai media utama serta didukung dengan media promosi berupa x-banner, poster, dan gimmick. Melalui perancangan artbook ini masyarakat mendapatkan informasi mengenai pasar malam Bandung dan kemudian diharapkan akan tumbuh penghargaan serta kecintaan terhadap budaya ini.