Daftar Isi:
  • Wayang adalah salah satu bentuk kebudayaan Indonesia yang menawarkan nilai-nilai kearifan lokal, namun seiring perkembangan zaman, wayang semakin hari semakin dilupakan oleh generasi masa kini, terutama oleh anak-anak usia remaja. Era globalisasi, tak terbendungnya arus budaya luar, maraknya media permainan membuat aanak-anak remaja semakin menjauh dari rasa kebanggan akan nilai-nilai lokalitas. Berdasarkan studi kasus diatas, maka dibentuklah susatu solusi, yaitu implementasi board game berjudul Wayang Saga yang didasarkan pada tokoh wayang, yaitu Adipati Karna. Board game ini secara teknis dibuat menggunakan teknik digital painting, memiliki fitur mengajarkan nilai-nilai kebersamaan, perjuangan/ usaha keras, pengorbanan, dan loyalitas seperti yang ditawarkan oleh Karna. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa nilai kearifan lokal yang ditawarkan secara tidak langsung dapat tersampaikan dan dapat dipraktekkan dalam permainan.