Daftar Isi:
  • Surakarta, atau yang akrab kita kenal dengan nama kota Solo atau Sala, merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Selama ini banyak orang yang ke Solo, hanya sekedar bertujuan untuk wisata kuliner atau belanja dan Solo memang belum dijadikan daerah tujuan wisata utama. Sebagai kota yang dikenal sebagai Kota Budaya, hendaknya wisatawan khususnya anak muda perlu mengetahui potensi-potensi wisata budaya yang ada di Solo dan sekitarnya. Perancangan ini menggunakan pendekatan verbal yaitu berupa tagline, “Kenali Lebih Dekat, Jelajahi Dengan Asyik” dengan konsep visual bergaya Retro Modern. Media yang tepat untuk melakukan promosi adalah media promosi seperti Poster (yang dibuat dengan 3 pendekatan Awareness, Informing, Reminding), brosur, website, Print Ads di Koran dan majalah, jejaring sosial, membuat booth pameran wisata, serta gimmick seperti bag tag, tumbler, kalender, t shirt, dan pin diharapkan dapat menumbuhkan minat anak muda. Dan penyeberan promosi yang efektif untuk anak muda adalah melalui jejaring so sial dan website, oleh karena itu poster, selain diletakkan di sejumlah tempat keramaian seperti mall, kampus, kantin, maka poster juga disebarkan melalui website dan jejering sosial yang sudah sangat lekat peranananya dalam kehidupan anak muda.