Perancangan Promosi Visual Wisata Seni dan Workshop untuk Siswa/I Sekolah Dasar Kota Bandung
Daftar Isi:
- Bandung merupakan salah satu tempat berkembangnya berbagai sanggar seni (Barli, Nu Art, Saung Angklung Udjo, Batik Hasan). Melihat potensi yang dimiliki Kota Bandung dalam kesenian, selayaknya potensi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. Wisata seni merupakan salah satu pembelajaran di luar kelas dapat diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini, karena dapat menumbuhkan kecintaan akan seni budaya bangsa sendiri dan media pembelajaran edukatif yang penting untuk menambah daya kembang anak dengan cara visual yang kreatif, menarik, dan estetis. Kurangnya promosi dapat dijadikan salah satu penyebab kurangnya ajakan, informasi mengenai wisata seni, dan salah satu cara memperkenalkan wisata seni dengan cara promosi. Perancangan promosi tersebut dapat dirangkai melalui lembaga Kreasik melalui media-media visual yang dinamis, segar, hangat, ceria, ramah, berani, fleksibel, santai namun memiliki energi dengan maksud tersampainya kesan wisata seni yang mengajak dan menginformasikan suatu wisata yang menyenangkan namun memberikan edukasi. Media tersebut disampaikan melalui pembuatan poster, brosur, flyer, spanduk, baliho, website, merchandise, sosial media, dll. Media promosi tersebut dapat disebarkan melalui sekolah-sekolah agar pihak sekolah, siswa/i dan para orang tua. Akhir kata dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan suatu produk / jasa untuk membantu meningkatkan tingkat pembelian dari suatu / beberapa lembaga, selain itu desainer memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pembuatan media-media promosi tersebut.