Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh gambaran mengenai Engagement Behavior pada karyawan Sub Bisnis Unit Jeans PT. “X”, Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitaif, jenis penelitian ini deskriptif dengan teknik pengambilan data survei. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang. Alat ukur yang digunakan untuk pengambilan data adalah kuesioner Engagement Behavior yang dikonstruksi peneliti berdasarkan teori Employee Engagement Behavior oleh William H. Macey dkk. Alat ukur ini terdiri dari 30 item. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji validitas Spearman’s Rho dengan program SPSS 14.0. Penghitungan validitas dengan Spearman’s Rho berkisar antara 0,401 sampai 0,693. Perhitungan reliabilitas menggunakan metode Split Half dan menunjukkan hasil 0,886. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat ditarik kesimpulan bahwa dari 28 orang karyawan, terdapat 71,4% non engaged dan 28,6% engaged. Sebesar 50% karyawan non engaged tersebut rendah pada adaptability. Peneliti mengajukan saran agar peneliti berikutnya dapat meneliti lebih lanjut mengenai Engagement Behavior, misalnya pengaruh feelings of engagement terhadap engagement behavior. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat memfasilitasi karyawan dengan memberikan informasi, kesempatan belajar dan tunjangan bagi kesejahteraan karyawan agar karyawan Sub Bisnis Unit Jeans memiliki engagement behavior. Selain itu menjadi masukkan bagi HRD mengenai kondisi karyawan Sub Bisnis Unit Jeans yang memiliki adaptability rendah, sehingga dapat memberikan pelatihan, misalnya dengan memberlakukan rotasi kerja pada bagian yang terkait. Kemudian agar menjadi masukkan bagi Manajer Sub Bisnis Unit mengenai kondisi karyawannya.