Studi Deskriptif Mengenai Strategi Akulturasi Pada Mahasiswa Etnis Batak Toba di Universitas "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui strategi akulturasi pada mahasiswa etnis Batak Toba di Universitas “X” Bandung. Pemilihan sampel menggunakan metode snowball sampling dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dalam penelitian ini, akan digambarkan strategi akulturasi mahasiswa etnis Batak Toba pada aspek Kompetensi Bahasa, Identitas Budaya, dan Perilaku atau Aktivitas Budaya. Alat ukur yang digunakan merupakan modifikasi dari The Language, Identity, and Behavioral Acculturation Scale dari Birman & Trickett (2001) yang terdiri dari 50 item. Berdasarkan hasil uji validitas menggunakan rumus Rank Spearman, validitasnya berkisar 0.336 – 0.793 dan uji reliabilitas menggunakan metode Split Half, reliabilitasnya berkisar 0. 849. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji korelasi Spearman dengan program SPSS 13.0. Kesimpulan yang diperoleh adalah strategi akulturasi yang dominan diterapkan pada aspek Kompetensi Bahasa adalah Separasi dan Marjinalisasi; pada aspek Identitas Budaya adalah Separasi; dan pada aspek Aktivitas Budaya adalah Separasi dan Marjinalisasi. Peneliti mengajukan saran agar dilakukan penelitian deskriptif mengenai strategi akulturasi pada mahasiswa yang berasal dari budaya lainnya, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan untuk melakukan penelitian kontribusi antar faktor-faktor yang mempengaruhi strategi akulturasi, dan dalam penelitian strategi akulturasi diharapkan menjaring tentang penggunaan bahasa Indonesia pada aspek kompetensi bahasa.