Perancangan Kampanye Pemeliharaan Kesehatan Lambung di Kalangan Mahasiswa Pecinta Kopi
Daftar Isi:
- Saat ini penyakit lambung/maag sudah banyak timbul di masyarakat dengan keluhan perut yang sakit, perih, atau kembung. Namun penyakit maag seringkali dianggap ringan oleh masyarakat karena dapat sembuhtanpa pengobatan. Maag memiliki berbagai macam penyakit dan yang paling sering terjadi adalah gastritis (radang lambung). Hasil survei membuktikan bahwa mahasiswa kelompok usia 18-25 tahun yang sering tidur larut malam banyak mengkonsumsi kopi dengan jumlah berlebih sehingga berakhir dengan peradangan lambung. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui cara mensosialisasikan dampak penyakit gastritis yang disebabkan oleh kandungan kafein pada kopi yang dikonsumsi berlebih dan merancang kampanye melalui media visual yang tepat untuk mensosialisasikannya di kalangan mahasiswa kelompok usia 18-25 tahun. Pengambilan data dilakukan dengan 3 cara yaitu studi pustaka, wawancara, dan penyebaran kuesioner di beberapa universitas dan tempat umum. Sebuah kampanye dirancang sebagai solusi dengan nama “Kampanye Pemeliharaan Kesehatan Lambung di Kalangan Mahasiswa”. Teori kampanye yang digunakan adalah Health Belief Model dimana manusia akan mengambil tindakan untuk mencegah, menyaring, dan mengontrol berbagai kondisi dirinya, dalam hal ini adalah penyakit dengan berdasar beberapa faktor. Kampanye ini memberikan informasi bahwa penyakit radang lambung dapat diatasi dengan memperhatikan asupan kafein. Diadakan selama 1 tahun dari bulan juli 2011 sampai bulan Juni 2012 dengan target utama mahasiswi dari status ekonomi menengah ke bawah. Media visual yang digunakan berupa 3 poster berseri, brosur, iklan majalah, mobile advertising, dan advertising panel. Event diadakan di Bandung dan Jakarta yang diisi dengan workshop, perlombaan masak bersama bintang tamu, dan acara interaktif berupa konsultasi dan beberapa game interaktif dengan mengundang mahasiswa-mahasiswi dari berbagai universitas.