Studi Deskriptif Mengenai Status Identitas Bidang Pendidikan Pada Siswa Kelas XI di SMA "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Studi Deskriptif mengenai Status Identitas Bidang Pendidikan pada Siswa Kelas XI di SMA ‘X’ Bandung”, yang bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai status identitas bidang pendidikan pada siswa kelas XI di SMA “X” Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengambilan data survey pada 191 siswa kelas XI di SMA “X” Bandung. Alat ukur yang digunakan dibuat oleh peneliti, berdasarkan teori Status Identitas dari Marcia (1993). Alat ukur ini terdiri dari 41 nomor, setiap nomor memiliki 4 pilihan jawaban yang harus dipilih salah satunya oleh responden. Perhitungan validitas menggunakan Construct Validity, dengan validitas item antara 0,408 – 0,708. Perhitungan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menunjukkan hasil 0,866 (item dimensi eksplorasi) dan 0,865 (item dimensi komitmen), yang berarti item-item tersebut memiliki reliabilitas yang tinggi. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi dan tabulasi silang dengan program SPSS 19. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa sebanyak 38,22% siswa kelas XI di SMA “X” Bandung berada pada Status Identitas Achievement dan sebanyak 35,08% siswa berada pada Status Identitas Diffusion. Sementara sisanya berada pada Status Identitas Moratorium dan Foreclosure. Bagi penelitian selanjutnya, disarankan untuk meneliti lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan Status Identitas di bidang pendidikan.