Daftar Isi:
  • Aktivitas penjualan merupakan suatu kegiatan yang sangat penting bagi perusahaan dagang, karena aktivitas penjualan mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Penjualan yang baik akan terlaksana, apabila terdapat pengendalian terhadap aktivitas penjualan tersebut dengan memperhatikan segala aspek pengendalian. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan seorang controller yang perannya tidak hanya terbatas pada fungsi akuntansi saja, tetapi seorang controller yang mampu memperluas perannya kepada aplikasi manajemen. Penelitian dilakukan di PT. Dirgantara Indonesia yang berlokasi di Jalan Pajajaran No. 154 Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peranan controller dalam pengendalian penjualan pada PT. Dirgantara Indonesia, (2) untuk mengetahui pelaksanaan efektivitas penjualan pada PT. Dirgantara Indonesia. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik penelitian yang bersifat studi kasus. Data yang diperlukan diperoleh melalui penelitian lapangan (observasi, wawancara dan kuesioner). Selain itu, dilakukan penelitian kepustakaan untuk memperoleh landasan teoritis yang digunakan sebagai bahan acuan dalam menganalisis data. Dari hasil penelitian dan pengujian hipotesis, controller pada PT. Dirgantara Indonesia sangat berperan dalam pengendalian penjualan, sedangkan efektivitas penjualan cukup tercapai. Dengan demikian, sesuai dengan ketentuan yang dikemukakan penulis, maka hipotesis yang penulis ajukan, yaitu: “Controller berperan dalam pengendalian penjualan guna menunjang efektivitas penjualan” tidak dapat diterima.