Daftar Isi:
  • Transportasi perkotaan telah mengalami perubahan yang sangat besar, baik dari segi bentuk maupun dari segi kebutuhannya. Hal ini disebabkan karena semakin berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya jumlah penduduk yang membutuhkan transportasi, dan berdampak terhadap peningkatan arus lalu lintas di perkotaan. Pada Tugas Akhir ini dilakukan studi kapasitas, kecepatan dan derajat kejenuhan Jalan Purnawarman di Kota Bandung dengan menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997). Dasar dilakukannya studi ini karena adanya perubahan pengaturan arus lalu lintas dalam satu hari, yaitu jalan 1 arah antara jam 06.30-08.00 WIB, menjadi jalan 2 arah antara jam 08.00-16.00 WIB, dan kembali lagi menjadi jalan 1 arah antara jam 16.00-18.00 WIB. Dari hasil survei diperoleh 79,79 % volume lalu lintas terdistribusi untuk arus lalu lintas dari Utara ke selatan dan 20,21 % dari arah Selatan ke Utara. Kapasitas jalan 1 arah sebesar 2904,84 smp/jam/arah dan kapasitas jalan 2 arah sebesar 2414 smp/Jam/2 arah. Derajat kejenuhan untuk jalan 1 arah maupun jalan 2 arah lebih kecil dari 0,75.