Studi Deskriptif Mengenai Tipologi Motivasi Masuk Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2010 di Universitas "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai tipologi motivasi masuk perguruan tinggi pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2010 di Universitas “X” Bandung. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu dipilih dari seluruh mahasiswa psikologi angkatan 2010 yang berjumlah 226, dengan karakteristik sampel yang menjadi penelitian berjumlah 172 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner Student Motivation to Attend University yang merupakan adaptasi dari alat test yang sama dan dibuat oleh Yankelovich dan disempurnakan oleh Charles Levine dan James Cote (1984). Validitas dari alat ukur ini diuji dengan menggunakan content validity yang terdiri dari 23 item. Validitas pada penelitian ini sebesar 0.703 sedangkan Reliabilitasnya sebesar 0.736. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Dari hasil penelitian, sebanyak 77,9% tergolong sebagai mahasiswa yang didorong oleh motivasi Humanitarian (HUM). Mahasiswa dengan motivasi Humanitarian (HUM) memaknai pendidikan mereka sebagai sarana untuk menimba ilmu untuk kemudian nantinya mereka dapat membantu orang-orang yang kurang beruntung, dan ikut terlibat dalam pengembangan umat manusia sehingga dapat meingkatkan kesehjateraan masyarakat yang ada. Bagi mahasiswa angkatan 2010 dapat menggunakan hasil penelitan ini untuk mengevaluasi diri apakah jurusan Psikologi yang sedang dijalaninya sudah sesuai dengan minat yang dimilikinya, khususnya bagi mahasiswa yang memiliki motivasi Expectation-Driven (EXP) dan Default (DEF). Peneliti pun memberikan saran agar dilakukan penelitian lanjutan mengenai motivasi mahasiswa dalam melanjutkan pendidikan mereka ke perguruan tinggi khususnya mengkaitkan lebih jauh motivasi dengan latar belakang mereka ingin berkuliah.