Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah mengenai studi korelasi antara kecerdasan emosional dan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2010 di Universitas “X” Bandung”. Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh gambaran mengenai ada atau tidak adanya korelasi antara kecerdasan emosional dan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2010 di Universitas “X” Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional, dengan teknik purposive sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2010 di Universitas “X” Bandung yang hadir pada saat mata kuliah Psikologi Kepribadian II (kelas paralel). Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 125 mahasiwa. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh taraf kecerdasan emosional adalah kuesioner kecerdasan emosional yang dibuat oleh peneliti berdasarkan teori kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Bar-On (dalam Nasir dan Masrur, 2010), terdiri dari 83 item. Validitas dari alat ukur ini berkisar antara 0.241** hingga 0.734** sedangkan reliabilitasnya 0.934 berdasarkan kriteria reliabilitas dari Guilford dengan menggunakan SPSS 17. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa tingkat korelasi antara kecerdasan emosional dan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2010 di Universitas “X” Bandung sebesar 0.085 (korelasi Rank Spearman), tergolong sangat kecil. Artinya tidak terdapat korelasi antara kecerdasan emosional dan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2010 di Universitas “X” Bandung. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dari 15 subkomponen kecerdasan emosional pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2010 di Universitas “X” Bandung hanya satu sub-komponen saja (self-regard) yang menunjukkan keterkaitan dengan prestasi akademik. Adapun saran bagi peneliti selanjutnya adalah sebaiknya diteliti dengan menggunakan metode penelitian kualitatif atau studi kasus sehingga dapat diperoleh data hasil penelitian yang lengkap mengenai dinamika dari setiap komponen dan subkomponen kecerdasan emosional dari masing-masing mahasiswa yang berbedabeda.