Studi Deskriptif Tentang Kepuasan Kerja Karyawan Pada Divisi Sekertariat Perusahaan dan SDM di PT. "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Studi Deskriptif tentang Kepuasan Kerja Karyawan pada Divisi Sekretariat Perusahaan dan SDM di PT.”X” Bandung.” Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran yang rinci mengenai kepuasan kerja pada karyawan divisi sekertariat perusahaan dan SDM PT.”X” Bandung melalui ketujuh aspek kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan teori kepuasan kerja, menurut John M. Ivancevich kepuasan kerja adalah sikap orang terhadap pekerjaan mereka, yang merupakan hasil dari persepsi mereka tentang pekerjaan mereka dan tingkat kesesuaian antara individu dengan organisasi.Aspek kepuasan kerja menurut John M.Ivanchevich yaitu sistem pembauaran, pekerjaan itu sendiri, kesempatan promosi, supervisi, rekan kerja, kondisi pekerjaan dan keamanan dalam bekerja. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi sampel adalah seluruh karyawan divisi sekertariat perusahaan dan SDM PT.”X” Bamdung. Alat ukur yang digunakan untuk menjaring informasi kepuasan kerja disusun oleh peneliti berdasarkan teori Ivancevich & Mateson tahun 2002. Data yang diperoleh diolah menggunakan distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Berdasarkan hasil uji validitas kuesioner kepuasan kerja berkisar antara 0,404 hingga 0,844, sedangkan reliabilitas kuesioner kepuasan kerja adalah 0,956. Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar karyawan divisi sekertariat dan SDM PT.”X” Bandung memiliki kepuasan kerja yang rendah. Faktor yang paling berkaitan dengan kepuasan kerja adalah faktor nilai, saran teoritis untuk penelitian ini adalah peneliti dapat mengkaitkan variabel yang dapat berkaitan dengan kepuawan kerja,meneliti subjek penelitian yang lebih bervariatif saran praktis untuk penelitian ini adalah karyawan disarankan untuk dapat memperhatikan kesesuaian tingkat pendidikan dengan pekerjaan dan sistem imbalan, juga karyawan disarankan untuk lebih memahami jenis pekerjaa yang diberikan, untuk meningkatkan kepuasan kerja pada aspek pekerjaan itu sendiri.