Studi Deskriptif Mengenai Self-Efficacy Pada Mahasiswa Semester 2 Sekolah Tinggi Teologi "X" Jakarta
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul studi deskriptif mengenai self-efficacy pada mahasiswa semester 2 Sekolah Tinggi Teologi “X” Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui derajat self-efficacy yang dihubungkan dengan sumber-sumbernya yaitu, mastery experiences, vicarious experiences, verbal persuasions, dan physiological and affective states pada mahasiswa semester 2 Sekolah Tinggi Teologi “X” Jakarta. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Sekolah Tinggi Teologi “X” Jakarta, yaitu sebanyak 33 orang. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui derajat self-efficacy pada mahasiswa semester 2 Sekolah Tinggi Teologi “X” Jakarta peneliti susun berdasarkan teori Bandura (2002), yang terdiri dari 48 item. Pada penelitian digunakan ekspert untuk mengukur validitas, yaitu content validity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada mahasiswa semester Sekolah Tinggi Teologi “X” Jakarta terbagi dalam dua kategori, yaitu 54,5% mahasiswa memiliki derajat self - efficacy tinggi, dan sebanyak 45,5% mahasiswa memiliki derajat self-efficacy yang rendah. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa sumber-sumber informasi self-efficacy memiliki keterkaitan diantaranya adalah verbal persuasions dan physiological and affective states. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada dosen wali agar menjadikan data self-efficacy sebagai bahan pertimbangan dalam merencanakan kegiatan akademis bersama - sama dengan mahasiswa. Bagi mahasiswa, diharapkan dapat menggunakan informasi mengenai self-efficacy sebagai sarana pemahaman diri. Sedangkan bagi Sekolah Tinggi “X” Jakarta dapat menggunakan data self-efficacy untuk membina mahasiswa agar visi dan misi sekolah tinggi tercapai. Peneliti juga menyarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kontribusi sumber-sumber self-efficacy terhadapa derajat self-efficacy.