Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Studi Deskriptif Mengenai Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Game Online CV "X" di Suria Sumantri Bandung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen yaitu para mahasiswa mengenai kualitas pelayanan game online CV "X" tersebut. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan CV "X" mampu meningkatkan kualitas pelayanannya terutama dalam hal pelayanan game online sehingga mampu menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survei. Alat ukur yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti mengacu kepada teori dari Zeithaml dan Mary Jo Bitner (2003), mengenai kepuasan konsumen berdasarkan lima dimensi yaitu tangibels, responsiveness, realibility, emphaty assurance. Kuesioner tersebut berjumlah 30 item. Berdasarkan uji validitas, didapat bahwa validitas kuesioner expected service berkisar 0,485-0,825 dan validitas perseived service berkisar 0,460-0,751. Sedangkan uji realibilitas kuesioner expected service yaitu 0,856 dan realibilitas perseived service 0,919 yang tergolong reliabilitas sangat tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen CV "X" yang merasa sangat puas yaitu 27 orang dengan pelayanan CV "X" dan yang menyatakan tidak puas terhadap pelayanan CV "X" sebanyak 23 orang dari 50 konsumen. Konsumen yang merasa tidak puas terutama pada dimensi tangibels dan dimensi emphaty. Peneliti mengajukan saran kepada CV "X" untuk memperhatikan dan memperbaiki kualitas pelayanannya terutama pada dimensi tangibels dan dimensi emphaty yang dirasakan tidak memuaskan oleh konsumennya.