An Innovative Project of Printed Advertisement For 'Borobudur' Sweet Soy Sauce
Daftar Isi:
- Kegiatan pemasaran merupakan jembatan antara perusahaan dengan konsumen yang berfungsi untuk mempertahankan dan memperluas pangsa pasar. Salah satu kegiatan pemasaran yang berhubungan dengan konsumen adalah promosi. Promosi sebagai proses penyampaian nilai pada target pasar dapat dilakukan melalui periklanan. Oleh karena itu, inovasi dalam bidang ini harus terus menerus dilakukan. Dalam proyek ini saya melakukan inovasi untuk kecap Borobudur pada iklan majalah. Untuk membangun brand awareness, iklan majalah menjadi media komunikasi yang selektif dan kreatif untuk mengkomunikasikan merek kecap Borobudur. Adapun proyek inovasi yang saya lakukan dalam iklan adalah menggunakan headline yang menggunakan kalimat pertanyaan dan menggunakan gambar daging ayam mentah serta produk kecapnya untuk menunjukkan fungsi dan hubungan visual dengan headline-nya. Saya juga menggunakan kombinasi warna hitam, merah, kuning, dan coklat untuk menampilkan iklan secara elegan. Proyek inovasi ini juga saya lakukan karena menurut hasil interview (2006) perusahaan Merak belum pernah melakukan kegiatan periklanan melalui media cetak (iklan majalah). Selain itu, proyek ini juga lebih menekankan pada perluasan pangsa pasar perusahaan (brand awareness). Pangsa pasar yang dituju adalah konsumen Singapura. Di Singapura iklan media cetak merupakan yang terbesar di negara tersebut. Saya juga berharap proyek ini dapat meningkatkan dan memperluas pangsa pasar produk kecap Borobudur sebagai produk lokal yang mempunyai potensi untuk dipasarkan keluar negeri.