Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran mengenai profil Multiple Intelligence pada siswa kelas 4 SD Kuntum Cemerlang Bandung. Sampel diperoleh dengan metode purposive sampling sebanyak 21 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur Multiple Intelligence yang disusun oleh Lisa Imelia (2005) dan dimodifikasi peneliti berdasarkan teori Multiple Intelligence dari Gardner (1983) Alat ukur berbentuk checklist yang terdiri dari 40 item. Uji validitas dan realibilitas dilakukan dengan menggunakan pengujian content validity. Kesimpulan yang diperoleh adalah profil Multiple Intelligence pada siswa kelas 4 SD Kuntum Cemerlang Bandung sangat beragam. Aspek Kecerdasan yang paling berkembang adalah kecerdasan Spasial, diikuti oleh aspek Logis-Matematis, Kinestetis. Aspek kecerdasan Musikal, Interpersonal, Intrapersonal dan Naturalis pun berkembang dengan cukup baik. Namun, aspek kecerdasan Linguistik masih kurang berkembang. Peneliti mengajukan saran agar penelitian dikembangkan menjadi penelitian komparatif sehingga dapat lebih jelas menganalisi perbedaan antara metode pengajaran berbasis Multiple Intelligence dengan yang berbasis non – Multiple Intelligence. Bagi pihak sekolah agar mengembangkan kurikulum dan metode pengajaran yang lebih mengembangkan aspek Linguistik, sekolah juga perlu memperkenalkan konsep kecerdasan dari Gardner tentang Multiple Intelligence kepada orang tua siswa. Bagi orang tua agar berkonsultasi kepada pihak sekolah sehingga dapat menerapkan metode pengajaran di luar sekolah yang dapat mengembangkan aspek-aspek kecerdasan berdasarkan teori Multiple Intelligence.