Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai eksplorasi dan komitmen bidang vokasional pada siswa kelas tiga SMK Farmasi “X” di Kota Bandung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif dengan metode survei. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling pada siswa-siswi kelas tiga SMK Farmasi ”X” di Kota Bandung, yang berada dalam rentang usia 16 – 18 tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 orang. Alat ukur yang digunakan untuk pengambilan data adalah kuesioner eksplorasi dan komitmen yang dikonstruksi oleh peneliti berdasarkan konsep teori James E.Marcia (1993). Kuesioner ini terdiri dari 57 item. Prosedur pengujian validitas dilakukan berdasarkan construct validity dengan menggunakan teknik korelasi dari Pearson. Reliabilitas dihitung dengan menggunakan metode Alpha Cronbach. Validitas untuk alat ukur ini berkisar antara -0,051 sampai dengan 0,785 dan reliabilitasnya sebesar 0,9444. Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa sebanyak 37,9% siswa memperlihatkan eksplorasi tinggi dan komitmen tinggi, sebanyak 31,8% siswa memperlihatkan eksplorasi rendah dan komitmen rendah, sebanyak 16,7% siswa memperlihatkan eksplorasi rendah dan komitmen tinggi, dan sebanyak 13,6% siswa memperlihatkan eksplorasi tinggi dan komitmen rendah. Kesimpulan yang diperoleh bahwa sebanyak 51,5% siswa kelas tiga SMK Farmasi ”X” di Kota Bandung memiliki eksplorasi yang tinggi dan sebanyak 54,5% siswa memiliki komitmen yang tinggi. Peneliti mengajukan saran agar penelitian dikembangkan menjadi penelitian mengenai status identitas di bidang vokasional atau mengadakan penelitian lanjutan mengenai faktor-faktor kondisi anteseden yang berhubungan dengan identitas.