Daftar Isi:
  • Saat ini dunia kepariwisataan Indonesia telah berkembang pesat, salah satu bukti nyata dari perkembangan ini yaitu dengan banyaknya turis asing yang mengunjungi negara ini. Mereka datang untuk melihat keindahan dan keasrian alam Indonesia. Hal ini menyebabkan banyaknya hotel-hotel baru yang bermunculan dengan pesat di seluruh penjuru Indonesia. Hotel adalah tempat persinggahan setiap orang. Sebagai tempat untuk penginapan setiap pengunjung, hendaknya hotel juga mempunyai pelayanan yang baik dan ramah karena hal ini sangat menunjang kualitas hotel tersebut, sehingga dapat membuat pegunjung merasa betah untuk menginap. Dalam hal ini seorang resepsionis, sebagai orang yang pertama kali di temui oleh pengunjung, tentu saja besar peranannya. Seorang resepsionis harus bersikap ramah dan professional. Bukan itu saja dia harus mempunyai wawasan yang luas dan mampu berbicara dalam bahasa Inggris apabila mereka berhadapan dengan turis asing. Dalam hal ini penulis akan melakukan penelitian di Hotel Savoy Homann Bidakara dengan cara mewawancarai orang yang bersangkutan selain itu menggunakan beberapa buku yang mana berkaitan dengan apa yang akan dibahas, juga pengamatan.